MenPAN dan RB Yuddy Setuju Polda Kalbar dan Sulut Naik Kelas Jadi Tipe A


Venbis_ MenPAN dan RB Yuddy Chrisnandi setuju dengan kenaikan tipe dua Polda dari B naik menjadi A. Dua Polda itu yakni Polda Kalimantan Barat dan Sulawesi Utara.

Persetujuan Yuddy itu tertuang surat MenPAN RB bernomor B/174/M.PANRB/5/2016 yang beredar dikalangan wartawan. Surat ter tanggal Minggu (15/5/2016) itu ditujukan ke Polri.

Sejatinya, ada 4 Polda yang diusulkan naik kelas, Polda Lampung, Riau, Kalbar dan Sulut. Namun hanya dua polda yang disetujui oleh Yuddy.

"Peningkatan status dua Polda tersebut, dengan pertimbangan berada pada wilayah perbatasan NKRI yang membutuhkan penanganan upaya keamanan secara khusus dan lebih optimal," kata Yuddy dalam surat tersebut seperti dikutip detikcom, Jumat (20/5/2016).

"Sedangkan untuk peningkatan status pada Polda Riau dan Lampung masih diperlukan pemantapan kembali," sambungnya. Naik tingkat ini akan berimbas pada struktur kepangkatan di dua Polda itu, penambahan personel serta anggaran.

Sementara terkait usulan pembentukan dua polda baru tipe B yakni Sulawesi Barat (Sulbar) dan Kalimantan Utara, lanjut Yuddy, yang disetujui saat ini adalah Polda Sulbar.

Pertimbangannya, Yuddy menuturkan, Provinsi Sulbar telah terbentuk sejak 2004 lalu berdasarkan UU nomor 26 tahun 2004.

"Sehingga diperlukan dukungan infrastruktur yang lebih memadai. Selain itu, usul tersebut telah mendapat dukungan penuh dari Pemda setempat," urainya.

Sementara soal pembentukan Polda Kaltara, Yuddy menilai masih perlu pemantapan lebih lanjut. Sebab Provinsi Kaltara sendiri baru terbentuk pada 2012 lalu.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada keterangan resmi dari MenPAN RB maupun Polri terkait peningkatan tipe dua polda dan pembentukan polda baru ini.

Label:

Posting Komentar

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget