KELUARGA MERUPAKAN KUNCI PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK

KUNCI PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK



Perkembangan karakter anak tidak di dapat dan jangan hanya mengandalkan terbentuk dari sekolah. Sekolah hanya memiliki waktu  kurang lebih 7 jam menemani anak anak kita. Lantas selama 17 jam di sehari manakah mereka berada? Keluarga. Ya, di lingkungan keluarganyalah mereka akan sering terlibat berinterasi. Dengan waktu yang panjang itu,  tentunya keluarga harusnya mampu menjaga dan mengawasi perkembangan perilaku anak anak.

Terjadinya tindakan kriminalitas di kalangan anak anak bukanlah tanggung jawab sekolah karena banyak kasus yang terjadi ternyata latar belakangnya adalah soal pengasuhan yang salah terhadap anak anak itu.

Pemanjaan dan tiadanya kontrol orangtua adalah penyebab terbesar kenakalan remaja dan anak anak. Orangtua yang begitu permisif terhadap tindak tanduk seorang anak mengakibatkan anak menjadi liar.

Di mana, sedang apa dan bersama siapa harusnya menjadi menu wajib yang ditanyakan orangtua kepada anak anaknya. Namun, kondisi ini kadang sulit tetjadi di tengah keluarga yang kedua orangtuanya bekerja. Dan memang begitulah yang terjadi, komunikasi antara anak dan orangtua mampet.

Sebisa mungkin keluarga haruslah bisa memberikan keteladan kepada anggota keluarganya sehingga mereka bisa melihat teladan yang baik dari kedua ortunya.

Terlebih di era internet sekarang ini, keluarga harus mampu mengontrol akses mereka, anak anak jangan tetlalu cepat diberi hape karena akses konten intrnet melalui hape lebih beresiko terhadap pornografi. Bukankah sekarang ini sedang marak kasus kejahatan anak anak yang berkaitan dengan kekerasan seksual. Ini adalah efek dari kebebasan yang diberikan orangtua kepada anak anak itu.

Saatnya keluarga mengambil sikap. Apakah masa depan anak anak kita dipertaruhkan melalui kebebasan yang kita berikan. Sudah bukan eranya untuk selalu tergantung pada sekolah dalam membetuk pribadi anak yang mumpuni. Keluarga, sekali lagi adalah benteng dari pengaruh negatif yang mempengaruhi jiwa anak, mari kita jaga dan awasi selalu anak kita karena mereka bisa menjadi korban dan bahkan pelaku sebuah tindakan kejahatan apapun bentuknya.

demikian tadi penjelasan tentang KUNCI PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK
Label:

Posting Komentar

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget