CARA EFEKTIF UNTUK LATIH BAYI TIDUR TERATUR



Venbis_Menentukan bagaimana sebaiknya anak dilatih untuk tidur teratur bisa jadi salah satu hal yang membuat stres orang tua baru. Namun satu studi oleh peneliti Australia menyebut proses ini sebetulnya tak perlu terlalu dibuat repot.

Studi yang dipublikasi di jurnal Pediatrics menemukan setidaknya ada dua cara yang telah terbukti efektif bisa dilakukan orang tua. Eksperimen pada 43 bayi berusia rata-rata 11 bulan melihat cara efektif pertama adalah dengan tehnik 'graduated extinction' dan kedua dengan cara 'bedtime fading'.

Baca Juga : 

Graduated extinction adalah tehnik di mana orang tua dengan sengaja membiarkan bayi menangis terbangun di tengah malam sebelum akhirnya ditenangkan. Sementara itu cara bedtime fading adalah dengan sengaja membiarkan bayi tertidur lebih larut.

Setelah bayi dan orang tua dibagi menjadi dua kelompok, selama 3 bulan partisipan diminta menjalani metode terapi yang telah ditetapkan. Setelah itu peneliti mengikuti perkembangannya selama setahun.

Hasilnya ditemukan ada perbaikian kondisi yang hampir sama pada kedua kelompok. Bayi diteliti rata-rata bisa tidur 10-13 menit lebih cepat dengan durasi 25-44 menit lebih lama.

Efek lainnya dari hal ini juga adalah hormon stres kortisol pada orang tua dan bayi juga ditemukan jadi lebih rendah dibandingkan saat studi baru dimulai.

"Masalah tidur pada bayi bisa jadi karena ada kondisi medis. Tapi bila tak ada masalah yang ditemukan, maka orang tua bisa mencoba tehnik yang telah kami evaluasi dalam studi atau mungkin tehnik lainnya yang terasa lebih nyaman.

Sumber
Label:

Posting Komentar

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget